Manfaat Press Release Dalam Kegiatan Public Relations


Press release adalah informasi dalam bentuk berita yang dibuat oleh praktisi Public Relations (PR) dalam suatu organisasi atau perusahaan untuk disampaikan kepada pengelola pers ( tv, radio, media cetak serta media online) untuk dipublikasikan dalam media massa tersebut.

Secara kesuluruhan press release dibagi menjadi 3 bagian yaitu:

  •  Basic Press Release mencakup berbagai informasi yang terdapat dalam sebuah organisasi/perusahaan ysng memiliki berita untuk media lokal, regional atau nasional.
  •    Product Release mencakup transaksi tentang target suatu produk untuk publikasi perdagangan didalam suatu industri.
  •      Financial Release digunakan terutama dalam membina hubungan dengan pemegang saham.

Dalam penulisan press release yang layak  dimuat apabila cara penulisanya sesuai halnya dengan wartawan dalam menulis berita langsung. Dimulai dengan membuat lead/ teras berita/ kepala berita sebagai paragraph pertama yang mengandung unsur 5W + 1H ( what, where, when, who, why dan how)

Kenapa PR butuh Press Release?

Public Relations atau humas dalam sebuah organisasi atau perusahaan sangat membutuhkan press release karena dengan siaran perss yang dikeluarkan secara formal oleh seorang PR akan memberikan kekuatan informasi yang diberikan dengan sangat akurat. Press release juga bisa digunakan PR dalam mempublikasikan kebijakan baru perusahaan, mengklarifikasi permasalahan yang terjadi, memperkenalkan layanan agar diketahui publik, maupun akan melaksanakan promo layanan terkini dari perusahaan.